Minggu, 03 Mei 2015

Marketing through Advertising

Ketika saya melihat youtube, dan menggerakan mata saya ke arah kanan ada seekor panda besar yang menarik perhatian saya, dan yang ternyata iklan ini sempat membuat saya penasaran pada awalnya karena ada panda yang mengamuk kalau ada orang yang menolak produknya. Di akhir panda itu menaruh box keju merek "Panda Cheese" di meja,di akhir iklan ada moto yaitu "Never say no to Panda", dari iklan tersebut akhirnya saya bisa menarik sebuah pesan yaitu untuk "Membeli Panda Cheese".

Kita tahu bahwa iklan juga merupakan salah satu bentuk usaha marketing untuk memperkenalkan produk, yang nantinya dapat membangkitkan awareness lalu memicu daya beli konsumen. Berikut ini adalah jenis-jenis iklan berdasarkan pesan yang ingin disampaikan

1. Attention
    Pada tahapan ini, iklan yang ditampilkan dengan pengulangan nama brand berkali-kali, misalkan
    adalah permen mintz yang mengulang kalimat " Ini pensil ini permen mintz, daripada gigit pensil  
    mending gigit permen mintz"--> memang secara logika kalimat ini gag ada nyambung-
    nyambungnya, jadi hal yang paling dipentingkan oleh iklan ini adalah membangun "Awareness"
    konsumen dalam mengingat nama brandnya "Permen Mintz"


2. Comprehension
    Iklan yang memiliki comprehension mendalam ciri-cirinya adalah konsumen dapat mengerti
    produk apa yang ditawarkan oleh iklan tersebut dan ada pesan yang ditampilkan berulang-ulang
    dengan tujuan yang sama dengan attention, misalnya : iklan minuman buavita, konsumen dapat
    mengerti jenis minuman yang ditawarkan oleh buavita (sari buah).

3. Interest
    Iklan yang mempunyai interest adalah sebuah iklan yang unik dan menawarkan informasi yang
    baru, sebagai contoh iklan ponds white beauty yang selain menawarkan produk juga menawarkan
    informasi seperti krim pemutih sekaligus penghilang flek-flek hitam di wajah.

4. Desire
    Pada tahap ini iklan yang ditampilkan memiliki relevansi dengan produknya dan dapat dipercaya dengan bukti-bukti, contoh: iklan garnier dengan penggaris yang mengukur kecerahan kulit apabila dipakai dalam 2 minggu

5. Action
    Iklan ini paling banyak dicari oleh para marketer karena iklan ini berusaha membujuk konsumen
    agar mau membeli produk tertentu, misalnya : Apartemen yang kalau tidak beli sekarang harga
    naik keesokan harinya

Intinya adalah, perusahaan harus menentukan target pasarnya dan pesan apa yang ingin disampaikan, apabila sudah jelas, maka bisa memilih jenis jenis iklan yang ingin ditawarkan kepada konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar