Ketika saya makan di Nanny, saya baru menyadari bahwa keuntungan penjualannya luar biasa sampai bisa membuka cabang dimana-mana. Saya pun menjadi penasaran apa saja sumber pendapatan dari Nanny. Kemudian saya mendapatkan sebuah konsep, yaitu sebelum perusahaan mulai beroperasi maka pemiliknya harus mengetahui revenue stream. Nah pertanyaannya adalah apa itu revenue stream? Revenue stream adalah sumber pendapatan, jadi pada dasarnya pendapatan sebuah perusahaan bukan hanya bisa berasal dari penjualan core product semata, tapi juga bisa berasal dari sumber penjualan lainnya
Awalnya, sumber penjualan memang terdiri dari penjualan core product, misalkan Nanny menjual core productnya yaitu makanan. Tetapi kalau kita lebih memperhatikan secara detail, kita dapat menemukan beberapa sumber revenue stream dari Nanny loh. Berikut adalah contoh-contoh revenue stream dr Nanny
1. Franchise
Seperti yang kita lihat, bahwa Nanny memiliki berbagai cabang di Bandung, dengan adanya
pembukaan berbagai cabang tentu saja pendapatan Nanny di seluruh cabang bisa diakumulasikan
sehingga tercapailah kumpulan pendapatan yang lebih besar.
2. Penjualan Minuman
Berbagai jenis minuman yang dijadikan pelengkap makanan juga bisa merupakan sumber
pendapatan di Nanny.
3. Penjualan alat/ perlengkapan masak
Nanny menjual berbagai atribut atau perlengkapan masak seperti celemek yang bertuliskan Nanny
Hal ini juga bisa menjadi revenue stream dari Nanny
4. Kursus Memasak
Nanny mengadakan kursus memasak atau membuat pancake saat liburan sekolah. Pendapatan yang
didapat melalui kursus ini dapat menjadi tambahan yang cukup besar di Nanny
5. Parkir
Umumnya, seluruh restaurant memiliki tempat parkir dan ada tempat parkir yang berbayar, sumber
pendapatan dari parkir juga dapat dimasukan sebagai revenue stream.
Setelah melihat beberapa contoh revenue stream dari Nanny, pertannyaan yang muncul selanjutnya adalah " apa sih gunanya tau sumber revenue stream perusahaan kita?"
Ada beberapa manfaat yang didapat dari mengetahui revenue stream, diantaranya adalah kita jadi tahu revenue mana yang paling menghasilkan profit yang lebih tinggi, dan tentu saja kita dapat memfokuskan bisnis kita ke arah yang lebih menguntungkan, kedua kita jadi bisa merencanakan hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mendongkrak core product kita apabila keuntungan core product jauh lebih rendah dibandingkan dengan keuntungan produk sampingan lainnya. Sekian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar