Kamis, 16 April 2015

Goal of Brand

Seperti layaknya manusia, yang punya tujuan utama dan tujuan cadangan, brand juga punya loh tujuan utama dan tujuan cadangan. Pada dasarnya Goal itu harus di definisikan dengan angka alias dikuantifikasi, agar lebih jelas. Lalu, apa saja yang menjadi tujuan utama atau cadangan dari sebuah brand? Berikut saya akan jabarkan:

> Tujuan utama dari brand ada tiga, yaitu
   1. mencapai BEP, kasarnya (Balik Modal)
       gunanya adalah agar perusahaan bisa beroperasi untuk bulan-bulan berikutnya.

   2. mencapai profit
       dimana pendapatan lebih besar dari biaya-biaya yang kita keluarkan, dan sisa keuntungannya
       bisa dijadikan modal usaha untuk bulan berikutnya.
 
   3. Growth
       tentu saja tujuan jangka panjang sebuah perusahaan adalah mencapai growth yang bisa diartikan
       pencapaian laba atau keuntungan yang terus -menerus meningkat, sehingga memungkinkan
       perusahaan tetap ada bahkan membuka cabang atau franchise dimana-mana.

>Tujuan cadangan dari sebuah brand:
 
  Berbeda dari Tujuan utama yang cenderung sifatnya kuantitatif, tujuan cadangan umumnya bersifat
  qualitatif, berikut ini adalah contohnya:

1. Ingin Dikenal
    Tujuan cadangan dari peluncuran sebuah brand selain terjual laku adalah ingin dikenal, perusahaan
    berusaha mengenalkan produknya kepada konsumen melalui iklan atau aktivitas yang melibatkan
    para marketer atau pengiklan.

2. Mendapatkan trust
    Kepercayaan konsumen penting didapatkan oleh sebuah brand, karena apabila brand kita tidak
    dapat dipercaya, tidak akan ada orang yang mau membeli brand kita.

3. Meraih Loyalty
    Konsumen yang Loyal tidak akan bisa dipengaruhi oleh iklan dari para kompetitor kita dan
    biasanya loyalitas dari konsumen memicu niat beli ulang yang terus-menerus yang akhirnya dapat
    mencapai profit

4. Memperbaiki brand image
    Brand image yang baik akan mampu menarik attention konsumen.

5. Mempunyai brand positioning yang tepat
    Positioning yang tepat memudahkan perusahaan dalam meraih target konsumen yang tepat

Perusahaan harus mampu menciptakan Goal utama dan cadangan dari sebuah brand, sehingga mampu meningkatkan profitabilitas dari perusahaan dan membuat perusahaan kita tetap berkembang dari tahun ke tahun. Sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar