Kamis, 09 April 2015

Marketing brand strategy (STDP)

Strategy marketing yang kita kenal pada mulanya adalah mengenai segmenting, targeting, diferentiating, dan positioning.  Pasar sangat besar sekali jumlahnya sehingga perusahaan perlu mengetahui siapa saja target konsumennya. Untuk mengetahui hal tersebut maka dilakukanlah segmenting, yaitu membagi pasar yang jumlahnya sangat besar tersebut menjadi segmen-segmen yang lebih kecil dan homogen. Contohnya adalah membagi pasar baju pengantin, atau desainer baju, atau outlet.

Setelah kita membagi konsumen, sekarang kita harus memilih segmen mana yang ingin kita layani, hal ini dapat dilakukan dengan targeting. Misalnya, tas Bodypack sasaran mayoritasnya adalah untuk pria berusia 19- 35 tahun dengan konsep tas yang bisa digunakan untuk membawa semua gadget dan tersusun rapih dalam 1 tas.

Lalu, terdapat 3 hal yang bisa dilakukan perusahaan berkaitan dengan strateginya yaitu dengan differesiasi, customer focus, dan low cost. Differensiasi dapat dihasilkan misalnya dengan fitur ataupun value added tertentu. Sedangkan menjadi low cost provider adalah tujuan dari semua perusahaan, customer focus memproduksi barang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari para customer.

Ketika kita sudah melakukan segmenting, memilih targeting, juga melakukan diferentiating, maka tahapan akhir yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan positioning. Aktivitas positioning ini yang kemudian dilakukan untuk menanamkan di benak konsumen bahwa produk perusahaan kita memang berkualitas dan memiliki nilai yang lebih superior dibandingkan dengan kompetitor

Contoh perusahaan yang berhasil melakukan semua strategi diatas adalah dave, dave membagi segmen orang yang peduli akan kebersihan tubuh dan kecantikan, lebih lanjut lagi dave mentarget konsumen wanita, dia juga melakukan diferensiasi, sebagai contoh sabun yang tidak hanya membersihkan tetapi juga menghaluskan kulit. Setelah melakukan semuanya itu dave mempunyai positioning yang dicerminkan dari motonya " redefine your beauty", dave membantu kaum wanita agar lebih percaya diri dengan tubuh bersih dan lembut juga kecantikan alami dari dalam diri wanita. Sekian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar