Kamis, 09 April 2015

All about EIGER

Marketing dan Finance merupakan 2 fungsi dalam manajemen yang sangat penting tetapi keduanya memiliki implikasi yang berbeda. Marketing dianggap layaknya sebuah gas, kegiatan marketing dalam perusahaan haruslah seperti gas mobil, harus aggressive dan terus menerus ditingkatkan, sedangkan finance itu seperti rem, perusahaan berusaha mengeluarkan biaya yang sekecil mungkin untuk keperluan operasional perusahaan.

Kali ini kita akan memfokuskan pembahasan kali ini mengenai kegiatan marketing dalam perusahaan eiger. Eiger awalnya adalah sebuah perusahaan yang hanya memproduksi tas saja. Akan tetapi lama-kelamaan mereka berpikiran bahwa tas itu cyclenya lama, orang membeli tas sekali dan akan menggantinya lagi selama 1 sampai 2, tahun. Untuk menutupi kekurangan penjualan tersebut maka eiger mulai menjual sepatu yang diasumsikan cyclenya lebih cepat karena orang cenderung sering ganti-ganti model dan dalam 1 tahun bisa membeli 2-3 atau lebih sepatu.

Selain memproduksi produk lain eiger juga menyadari ada 2 cabang penting dalam brand yaitu private brand dan partner brand. Private brand merupakan brand yang dimiliki atau diproduksi sendiri oleh perusahaan. Partner brand merupakan produk perusahaan lain yang dititipkan ke outlet atau perusahaan kita untuk dijual. Eiger juga memiliki private brand yaitu neo sack, body pack, outlive, exsport, kampung daun, dusun bambu, brussel spring, dan lainnya. 

Sedangkan partner brand dari eiger biasanya menitipkan jualan di outlet-outlet milik eiger. Dari sisi finance yang dianggap seperti rem, Eiger juga melakukan minimasi biaya yaitu dengan menyewa toko yang bersebelahan, misalnya outlet export di kiri dan outlet body pack di sebelahnya, posisi toko yang bersebelahan tersebut mukan merupakan kebetulan, melainkan karena penghematan biaya, sehingga mereka hanya membutuhkan 1 supervisor atau satu manajer untuk mengontrol seluruh outletnya. 

Demikianlah strategi yang dilakukan eiger sehingga terciptalah efektifitas dan efisiensi produk. Dengan mempelajari strategi tersebut, kita jadi dapat menilai bagaimana membuat strategi marketing dan finance yang tepat. Sekian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar