Ketika saya belajar pemasaran, maka ada konsep yang sangat terkenal yaitu 4p, konsep ini diperkenalkan pada tahun 1960 oleh Jerome Mc Carthy yang dipopulerkan di buku Philip Kotler di tahun 1967, konsep 4p ini selanjutnya dikenal dengan marketing mix concept. Beberapa elemen dari konsep ini masih ada yang relevan. Apa saja elemen dari 4p ini, berikut penjelasannya:
1. Product --> penawaran utama dari perusahaan, yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan
tertentu, dan harus lebih superior dengan kompetitor
contoh : produk handphone untuk keperluan komunikasi
2. Price --> seberapa banyak biaya dari produk yang bersedia dibayar oleh konsumen, biasanya harga
digunakan sebagai indikasi dari kualitas
contoh : harga cincin berlian frank n co 11.000.000
3. Promotion--> digunakan untuk menghasilkan keseimbangan, antara persepsi konsumen dan atribut
brand dari perusahaan
contoh : promosi kompor kuche oleh staf promotion girl
4. Place --> merupakan bagian dari penciptaan value untuk konsumen, biasanya barang dibeli di toko,
selain melalui online
Keempat konsep ini merupakan dasar yang mempengaruhi strategi marketing perusahaan. Beberapa konsep yang masih relevan di jama sekarang adalah product dan price, mengapa? Konsumen masih memilah-milah product yang terbagus dan paling berkualitas, sedangkan mengenyampingkan produk yang tidak berkualitas. Harga juga masih menjadi sebuah patokan dalam membeli barang, sedangkan kedua konsep lainnya yaitu promotion dan place sudah mulai tidak relevan dengan jaman sekarang. Sehingga muncullah konsep marketing baru dalam dunia digital marketing yang akan dibahas di posting berikutnya. Sekian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar