Minggu, 15 Maret 2015

Effective Branding

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan apabila perusahaan berhasil mencapai effective branding. Suatu brand yang sudah memeliki persepsi yang bagus di benak konsumen,bisa menghasilkan sales yang tinggi. "Bagaimana bisa?" Sebuah perusahaan yang brand nya sudah dikenal oleh masyarakat,dapat membuat sebuah produk lain yang dapat diasosiasikan dengan brand sebelumnya. Sebagai contoh ketika saya ke mall pvj, Bandung, ada toko baju namanya Mark&Spencer, saya baru tahu kalau toko dengan brand tersebut menjual berbagai snack dan berbagai gel untuk tubuh. Tentu saja bagi kebanyakan orang yang sudah tahu Mark&Spencer, jika ditawari membeli hand body maupun snacknya pasti merasa lebih percaya diri atau lebih yakin terhadap produk yang ditawarkan oleh Mark&Spencer ketimbang memilih snack maupun hand body di toko yang baru saja buka dan belum dikenal produk-produknya

Manfaat berikutnya adalah dengan melakukan effective branding maka kita berhasil menjadikan brand perusahaan kita menjadi 'top of mind' dari konsumen. Gunanya top of mind ini ada hubungannya dengan shortcut brand, apalagi shortcut ini dapat dilihat dari keputusan pembelian konsumen. Top of mind konsumen menjadikan produk kita sebagai pilihan utama dalam proses keputusan pembelian konsumen

Selanjutnya effective branding membuat konsumen lebih mengetahui informasi produk yang kita tawarkan, dalam tahapan ini, konsumen yang tergolong adopter/innovator dari brand mulai mempelajari berbagai hal mulai dari kegunaan produk bagi dirinya sendiri sampai bagaimana cara menggunakannya dan merawatnya.

Perusahaaan dapat mengetahui effective branding ini dari hasil research& development dari konsumen, misalkan survey yang dilakukan terhadap orang-orang yang membeli produk kita. Manfaat lainnya adalah dengan tercapainya effecttive branding maka untuk jangka panjang perusahaan tidak perlu mengeluarkan cost tinggi untuk membuat ataupun memperkenalkan produknya kembali. Sebaliknya perusahaan dapat memanfaatkan hal ini untuk mengembangkan produk lainnya dengan brand yang masih sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar