Jumat, 06 Maret 2015

Brand Strategy (Brand Personality)

Menurut Keller, Brand Personality merupakan karakteristik manusia yang dapat diatributkan pada suatu merek. Brand Personality biasanya dikaitkan dengan sifat-sifat yang ingin ditonjolkan kepada konsumen dari sebuah produk

Berikut ini merupakan kategory dari brand personality:
1. Sincerity yang terdiri dari down-to earth, honest, wholesome, cheerful
2. Excitement yang terdiri dari daring, spirited, imaginative, up to date
3. Competence yang terdiri dari reliable, intelligent, successful
4. Sophistication yang terdiri dari upper-class dan charming
5. Ruggedness yang terdiri dari outdoorsy dan tough

Sincerity merupakan ketulusan maupun kesungguhan, hal ini tampak ditonjolkan oleh produk "Indomie" yang berusaha menonjolkan "down-to earth" yang dalam konteks ini artinya semua orang dari kalangan manapun bisa makan indomie

Excitement dalam hal ini merupakan kegembiraan, tampak ditonjolkan dari produk smartphone yang selalu up to date yang bisa membuat orang gembira ketika memakainya karena kelengkapan dari fitur-fitur smartphone tersebut.

Competence yang berarti kesanggupan maupun kemampuan, ditonjolkan oleh mobil bmw, hal yang ditonjolkan adalah jika kita membeli mobil bmw berarti kita adalah orang sukses dan mampu membeli mobil tersebut.

Sophistication merupakan kecanggihan, kebaruan, kemutakhiran, tampak terlihat di produk tas Hermes bagi para wanita yang "upper class"

Ruggedness merupakan ketangguhan maupun kekerasan, ditampilkan oleh produk parfum Axe Effect, yang berusaha mengubah orang biasa menjadi cowo yang macho, tangguh, dan keren jika memakai parfum Axe

Dalam memilih konsumen, terlebih dahulu perusahaan melakukan segmenting, targeting, positioning untuk mencari tahu konsumen mana yang ingin mereka layani. Setelah mereka mendapatkan 1 atau lebih pasar yang ingin mereka layani maka perusahaan harus membuat brand strategy, salah satunya adalah dengan menciptakan brand personality agar konsumen yang memiliki selera berbeda beda dapat dipuaskan melalui pilihan brand yang ditawarkan. Berbagai kategori tersebut diharapkan dapat membuat konsumen tertarik dan memilih produk yang sesuai dengan personality atau citra masing-masing konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar