Elemen merupakan suatu bagian yang penting dalam membentuk sebuah identitas. Perusahaan biasanya menggabungkan beberapa elemen untuk menciptakan sebuah brand. Selanjutnya saya akan membahas mengenai elemen-elemen apa saja yang terdapat dalam brand, pengertiannya, serta contoh agar mudah dipahami.
Brand element:
1. Name --> kata atau beberapa kata yang digunakan oleh perusahaan untuk membuat identitas dari
perusahaan, produk, atau jasa.
contoh: ZARA
2. Logo --> sebuah simbol atau lambang yang visual digunakan untuk mengidentifikasi brand
contoh : logo buah apel pada macbook air
3. Tagline --> susunan beberapa kata atau frase yang digunakan untuk mencerminkan semangat
brand (singkatan penuh makna)
contoh: tagline KFC --> Jagonya Ayam
4. Graphics --> Science of drawing
contoh : gambar daun teh pada teh pucuk harum
5. Shapes --> Bentuk atau wujud dari sebuah brand
contoh : Kemasan botol Pulpy Orange/ Kemasan kotak dari teh kotak
5. Colors : Warna, dalam konteks ini yang digunakan untuk membuat brand
contoh: Warna merah pada Coca-Cola
6. Scents: Aroma yang ada dalam sebuah produk
contoh: wangi Parfum Cherry Blossom dari Body Shop
7. Tastes : Selera
contoh : bumbu masakan padang berbeda dengan masakan sunda
Perusahaan dapat memilih satu maupun kombinasi antara beberapa elemen yang ada dalam sebuah produk. Tentunya pilihan-pilihan tersebut harus sesuai dengan identitas perusahaan, selain identitas bisa juga bergantung pada target konsumennya, sebagai contoh untuk perusahaan parfum bisa memperhatikan brand elemen berupa scents,logo dan name. Sedangkan perusahaan ready to drink juice bisa memilih colors, shapes, dan name. Tagline digunakan dalam promosi di media sosial.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar