Rabu, 04 Februari 2015

Brand Equity part 2

Sebelumnya saya telah membahas mengenai brand equity. Sekarang saya akan lebih memfokuskan bahasan kali ini pada aspek apa sajah yang ada di dalam brand equity :
1.     Awareness     à muncul ketika seseorang sadar akan adanya brand  
tersebut terdiri dari beberapa tahap seperti ingat     sekilas   sampai top-of mind
2.     Knowledge    àsudah mengetahui segala sesuatunya tentang brand
3.     Associastion  àapabila seseorang menyebutkan “Kijang”, maka yang      
dipikirkannya adalah mobil bukan hewan, inilah yang    dinamakan brand Kijang memiliki asosiasi yang kuat di benak konsumen
4.     Perceived Qualityà karena barang yang berkualitas dapat menarik
konsumen dan membuat harganya mahal, untuk    itu diperlukan berbagai research agar kualitas produk bisa lebih ditingkatkan
5.     Loyaltyà pelanggan yang setia pada perusahaan kita akan membuat
sebuah barrier to entry untuk pesaing kita karena mereka lebih memilih produk kita, jadi loyalty adalah salah satu aspek dari brand equity (yang secara langsung dipengaruhi konsumen).


 kelima hal ini penting sekali untuk dibentuk oleh perusahaan.
contoh kasus :

Saat ditanya tentang kampus "UNPAR", mahasiswa dari bali tau bahwa UNPAR adalah universitas di bandung, ini namanya awareness. Ketika ditanya lebih lanjut dimana lokasinya dia bisa menyebutkan jalan Cimbuleuit maka itu disebut knowledge. Association terjadi apabila ketika menyebutkan UNPAR maka mahasiswa tersebut menyebutkan kalau UNPAR itu adalah universitas bukan sltp atau sma. Perceived quality terjadi apabila mahasiswa tersebut bilang kalau kuliah di UNPAR, lulusannya cepat bekerja, pintar, dan berwawasan luas. Tahap akhir adalah loyalty yaitu ketika ada mahasiswa bandung yang sudah kuliah di UNPAR merekomendasikan UNPAR kepada saudaranya yang baru lulus SMA. 

Apabila sebuah perusahaan dapat mewujudkan kelima aspek tersebut, maka perusahaan itu kemungkinan dapat menjadi perusahaan yang besar. Perusahaan tersebut tahu bahwa kelima aspek itu dapat ditanamkan melalui program marketing. Di posting berikutnya kita akan membahas mengenai kegiatan marketing. Sekian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar