Rabu, 04 Februari 2015

Marketing Insight

Apabila kita sedang membicarakan tentang kegiatan marketing, maka ada beberapa tujuan utama dalam marketing yaitu profit, mencapai titik BEP (alias uda balik modal), dan juga menciptakan growth/sustainability (biar produknya berkembang dan perusahaan tetap ada) . Jadi bisa dikatakan tugas orang marketing itu adala menghasilkan profit & bep juga mengidentifikasi. “Apa yang harus diidentifikasi?”

Company   à perusahaan harus mampu menganalisis kebutuhan pasar saat ini          
                           dan membuat produk yang dapat  memenuhi kebutuhan tersebut
Change       à melihat situasi dan kondisi pasar, kebudayaan masyarakat sekitar
Customer   à target konsumen seperti apa yang akan dilayani perusahaan
Competitorà pesaing dalam industry yang sama dengan perusahaan kita

Selain itu, memperhatikan activity menjadi salah satu tugas seorang marketer,

Activity mencakup:
1.     Buat konsumen membeli (buy) àuntuk itu kita perlu lakukan akuisisi yaitu membuat orang pake produk kita
2.     Membeli lagi dan sering  (option)
3.     Membeli lebih banyak, biasanya disebut average purchase (more)
4.     Rekomendasi (recommendation) à niat nawarin produk ke temen, ukurannya loyalitas, biasanya berasal dari orang yang sudah pernah atau berpengalaman menggunakan produk tersebut.

Ada strategy dalam marketing, yaitu cross selling dan up selling. Cross selling yaitu menjual barang selain yang dibutuhkan misalkan ketika kita membeli karbol di toko kelontong, tapi selain karbol kita ditawari kain pel dan detergen yang lagi diskon. Satu lagi adalah up selling, menambah ukuran tapi BAYAR.
Contohnya ketika makan di restoran dari nasi regular ditawari dengan upsize nasi jumbo, maka seiring dengan pertambahan ukuran, bertambah juga lah harganya, ini yang sekarang biasanya disebut dengan strategi up selling.

Sekian pembahasan marketing kali ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar