Apabila kita sedang membicarakan tentang kegiatan
marketing, maka ada beberapa tujuan utama dalam marketing yaitu profit,
mencapai titik BEP (alias uda balik modal), dan juga menciptakan
growth/sustainability (biar produknya berkembang dan perusahaan tetap ada) .
Jadi bisa dikatakan tugas orang marketing itu adala menghasilkan profit &
bep juga mengidentifikasi. “Apa yang harus diidentifikasi?”
Company
à
perusahaan harus mampu menganalisis kebutuhan pasar saat ini
dan
membuat produk yang dapat memenuhi
kebutuhan tersebut
Change
à
melihat situasi dan kondisi pasar, kebudayaan masyarakat sekitar
Customer à
target konsumen seperti apa yang akan dilayani perusahaan
Competitorà
pesaing dalam industry yang sama dengan perusahaan kita
Selain
itu, memperhatikan activity menjadi
salah satu tugas seorang marketer,
Activity
mencakup:
1.
Buat konsumen membeli (buy) àuntuk itu kita perlu
lakukan akuisisi yaitu membuat orang pake produk kita
2.
Membeli lagi dan sering (option)
3.
Membeli lebih banyak, biasanya disebut average
purchase (more)
4.
Rekomendasi (recommendation) à niat nawarin produk ke
temen, ukurannya loyalitas, biasanya berasal dari orang yang sudah pernah atau
berpengalaman menggunakan produk tersebut.
Ada
strategy dalam marketing, yaitu cross
selling dan up selling. Cross selling yaitu menjual barang
selain yang dibutuhkan misalkan ketika kita membeli karbol di toko kelontong,
tapi selain karbol kita ditawari kain pel dan detergen yang lagi diskon. Satu
lagi adalah up selling, menambah
ukuran tapi BAYAR.
Contohnya
ketika makan di restoran dari nasi regular ditawari dengan upsize nasi jumbo, maka seiring dengan pertambahan ukuran,
bertambah juga lah harganya, ini yang sekarang biasanya disebut dengan strategi
up selling.
Sekian
pembahasan marketing kali ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar