Sabtu, 14 Februari 2015

Re-Branding

Buat anak ekonomi UNPAR, khususnya anak kos, pasti tahu deh beberapa warung nasi atau warteg yang siap diserbu di akhir bulan karna dompet udah kurusan. Di jalan bukit jarian ada salah satu warung yang cukup menjadi favorite di kalangan mahasiswa. Namanya warung "Pak Moess". Menu yang ditawarkan adalah mie instan, roti bakar, pisang keju, dan berbagai menu minuman. Kenapa ga jual yang lain? Pas kita tanya langsung ke Pak Moessnya ternyata dia sengaja jual yang instant instant gitu supaya ga lama dan ga ribet nyediainnya.

Ngomong-ngomong soal re-branding, apa itu re branding? dari asal katanya re berarti kembali sedangkan branding adalah proses penciptaan brand image. Jadi rebranding adalah suatu upaya atau usaha yang dilakukan oleh perusahaan atau lembaga untuk merubah total atau memperbaharui sebuah brand yang telah ada agar menjadi lebih baik, dengan tidak mengabaikan tujuan awal perusahaan, yaitu berorientasi profit. Dari contoh warung Pak Moess tadi, saya rasa dia perlu melakukan rebranding supaya dapat menarik pelanggan baru, sekaligus membuka cabang. Proses reranding yang dapat dilakukan yaitu :
a. Membuat logo unik (bukan hanya tulisan pak Moess
b. Mengubah nama menu dengan sebutan sebutan unik bukan hanya mie goreng atau roti bakar keju misalnya mengganti dengan nama "mie goreng" menjadi "Mie setan" untuk rasa pedas (MISALKANNNN). Merenovasi tempat dan memberikan suasana yang nyaman bagi konsumennya juga merupakan impian dari pak moess sendiri.

Selain hal tersebut, pak Moess juga ingin memperluas tempatnya sehingga dia bisa berjualan produk yang saya usulkan yaitu bakso atau pangsit. Memang re-branding itu penting karena dengan membuat brand kembali perusahaaan dapat dikenal oleh masyarakat dan shortcut agar konsumen membeli produknya. Akan tetapi perlu juga memperhatikan konteksnya. Ada usaha yang tidak perlu melakukan brand karena produknya sangat umum dan masyarakat tidak sensitif terhadap harga misalnya barang komoditas seperti garam, tebu, gula merah yang kurang efektif apabila kita melakukan re-branding

Tidak ada komentar:

Posting Komentar