Jumat, 20 Februari 2015

Brand shortcut

Ada 2 hal yang diincar dalam marketing,  yaitu membangun merek dan mencari profit. Membangun merek itu penting di tahap awal product life cycle(introduction, development,maturity, decline) yaitu pada tahap introduction. Ketika sebuah produk sudah dibangun mereknya maka produk tersebut dapat berkembang dan akhirnya mencapai umur ekonomisnya.

Membangun merek juga bisa merupakan shortcut dalam brand. "How we make a shortcut?"
Kita bisa membuat shortcat dengan cara 3 hal yaitu dengan membuat brand Terkenal--> dengan menggunakan iklan ataupun media lainnya untuk membuat produk kita dikenal orang, apabila brand tersebut sudah terkenal maka yang harus kita lakukan adalah menanamkan positioning atau persepsi tentang brand kita di benak konsumen, setelah semuanya tertanam maka kita dapat melakuan experience yaitu dengan membiarkan konsumen kita merasakan pengalaman-pengalaman yang berbeda dari pemakain produk kita.

Shortcut brand yang sudah tepat dapat membuat konsumen lebih memilih brand kita. Niat beli konsumen yang terus menerus dapat menghasilkan profit yang besar bagi perusahaan, dan pada akhirnya menguntungkan perusahaan. Setelah membangun sebuah brand yang kuat perusahaan perlu melakukan 3 tahap bisnis yaiut:
1. identification--> menganalisis brand mana yang cocok bagi segment pasar tertentu
2. brand development--> pengembangan produk setelah perusahaan melakukan positioning
3. communication--> menyampaikan pesan kepada konsumen, biasanya berupa janji yang diberikan perusahaan dan ingin dipersepsikan oleh perusahaan di dalam benak konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar