Minggu, 03 Mei 2015

Newbie Brand

Di pelajaran kewirus dan skb, saya baru menyadari betapa sulitnya ide-ide bisnis saya terealisasi. Terkadang ide-ide tersebut hanya bertahan sebentar dan tidak layak bisnisnya. Ketika saya berusaha menggabungkan ilmu manajemen yang sudah saya dapatkan, maka saya dapat beberapa titik cerah tentang bagaimana membangun sebuah brand baru.

Semuanya berawal dari ide, setelahnya maka ada 3 hal yang harus memperhatikan apabila kita tidak memiliki cukup modal untuk membuka bisnis brand baru yaitu:

1. Fokus pada produk
    Kita harus melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui ap asaja keinginan konsumen.
    Untuk menghemat biaya, kita bisa menggeser metode riset pasar yang konvensional menjadi
    digital yaitu dengan menggunakan google trend, kita bisa memasukan key words sehingga kita
    tahu tingkat popularitas kata kunci tersebt dan perkiraan pertumbuhan atau penurunannya di masa
    mendatang, dengan search engine juga kita dapat melihat tingkat persaingan produk kita dengan
    produk pesaing

2. Temukan amplifier
    Sebuah brand hanya bisa terkenal apabila ada beberapa kelompok orang yang mau
    mempromosikan bran tersebut kepada orang lain. Hal ini berguna untuk mengenalkan produk kita
    kepada yang lainnya karena menurut penelitian, rekomendasi atau anjuran dari teman sangat lebih
    dipercaya oleh konsumen dibandingan dengan rekomendasi spg.  Selain itu media sosial sangat
    mempengaruhi keputusan pembelian seseorang, melalui media sosial juga perusahaan dapat
    mencari informasi misalkan voting tentang rasa ayam maa yang paling mereka suka, apakah yang
    red hot chicken atau crispy chicken. Oleh karenanya, kita bisa memanfaatkan kesempatan ini,
    misalkan dengan promosi kalau ikut voting, 200 orang pertama dapat ayam KFC  red hot chicken

3. Akun media sosial dan link
    Facebook/ twitter maupun media sosial bisa menunjukan keunikan produk kita, mungkin kita bisa
    memberikan link ke sebuah  website yang langsung terhubung dengan form pembelian sehingga
    memudahkan akses bagi konsumen online untuk membelinya langsung.

Ketiga hal tersebut merupakan cara yang bisa ditempuh apabila kita adalah pebisnis yang ingin memulai bisnis baru tetapi tidak memiliki modal yang cukup banyak, jadi kita bisa menggunakan search engine juga media sosial sebagai ajang promosi untuk menarik konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar